Minggu, 03 Mei 2015

Tugas Softkill AKUNTANSI INTERNASIONAL



Cina
Cina memiliki ¼ ppulasi dunia, dan reformasi orientasi pasarnya membantu menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang cepat. Pada akhirnya pada tahun1970-an, pemimpin Cina mulai menggerakkan ekonomi dari program terpusat gaya Soviet menuju sistem yang lebih berorientasi pasar namun masih dalam kendali partai komunis. Untuk meraih semua ini, mereka berpindah kesistem kepemilikan yang bertanggung jawab dalam pertanian daripada kolektivisme kuno, meningkatkan wewenang penjabat local dan manajer pabrik di industri, memperbolehkan perluasan berbagai perusahaan skala kecul dalam bidang jasa dan manufaktur kecil, dan menerapkan ekonomi terbuka untuk meningkatkan perdagangan dan penanaman modal asing. Pada tahun 1993, kepemimpinan Cina menyetujui reformasi jangka panjang lagi yang dimaksudkan supaya memberikan fleksibelitas yang lebih pada institusi yang berorientasi pasar.Ciri-ciri yang mencakup pembagian sistem kepemilikan saham, privatisasi dan pengembangan penukaran saham terorganisir, dan pendaftaran saham perusahaan Cina dalam bursa saham Barat. Meskipun demikian, perusahaan milik Negara mendominasi banyak kunci industri pada  apa yang orang Cina sebut “ekonomi pasar sosialis”, yaitu ekonomi berencana dengan adaptasi pasar.
Akuntansi di Cina memiliki sejarah yang panjang.Berfungsi dalam peran pemiliharaan yang bisa terkuak mulai abad 2200 SM. Selama dinsti Hsiu. Dan dokumen-dokumennya menunjukkan bahwa akuntansi telah digunakan untuk mengukur kekayaan dan membandingkan pencapaian  di antara penjabat kerajaan dan pangeran dinasti Xia (2000-1500 SM). Confucius muda (551-479 SM) dulunya adalah seorang manajer gudang dan tulisan-tulisannya menyebutkan bahwa pekerjaannya meliputi pembukuan-pembukuan resep dan pembiayaan saat itu.Diantara ajaran-ajaran Confucius merupakan suatu kewajiban untuk mengumpulkan bukti-bukti sejarah dan catatan pembukuan sebagai bagian dari sejarah.
            Karakteristik dasar akuntansi Cina dimulai sejak pembentukan RRC pada tahun 1949. Cina menerapkan program ekonomi yang sangat terpusat,  memperlihatkan prinsip dan pola Marxis meniru sistem kesatuan Soviet. Produksi menjadi prioritas utama perusahaan milik Negara.Penetapan biaya keuangan dan produk diatur oleh Departemen keuangan Negara.Berdasarkan sistem ini, tujuan akuntansi adalah memenuhi kebutuhan negara untuk program dan pengendalian ekonomi.Susunan persamaan standar akuntansi telah dikembangkan supaya menyatukan informasi ke dalam perencanaan ekonomi nasional. Fitur utamanya adalah orientasi penganturan dana dimana dana berarti properti, barang, dan material yang digunakan dalam proses produksi. Pelaporan keuangan ditekankan adanya neraca,yang merefleksikan sumber daya dan penggunaan dana.
            Ekonomi Cina digambarkan sebagai ekonomi hybrid, dimana negara mengontrol komoditas dan industri strategis, sementara industri lainnya, seperti perdagangan dan sector swasta, ditumbuhkan dengan sistem yang berorientasi pada pasar. Aturan baru akuntansi harus segera dikembangkan bagi perusahaan terprivatisasi dan perusahaan independen lain dengan kewajiban terbatas, termasuk entitas bisnis asing, seperti usaha gabungan. Peran pemerintah telah berubah dari pengaturan makro dan mikro ekonomi menjadi satu pengaturan level makro.
REGULASI DAN PELAKSANAAN AKUNTANSI
            Undang-undang akuntansi,terakhir kali di ubah pada tahun 2008, mencakup semua perusahaan dan organisasi. Hal ini menguraikan prinsip umum akuntansi dan menjelaskan peran pemerintah dan berbagai hal yang diutuhkan dalam prosedur akuntansi. The State Council/Dewan Pemerintah (sebuah lembaga eksekutifyang berhubungan dengan cabinet) mengeluarakan Aturan Pelaporan dan Akuntansi Keungan Perusahaan FAAR(Financial Accounting and Reporting Rules for Enterprises). FAAR diterapkan bagi semua perusahaan besar daripada perusahaan kecil yang tidak mendapatkan dana dari pihak luar. Dewan Keuangan diawasi oleh Dewan Pemerintah.
            Pada tahun 1992, Departemen Keuangan mengeluarkan Accounting Standards for Business Enterprise (ASBE).ASBE adalah peristiwa penting dalam pergerakan pasar ekonomi Cina. Sebelum ABSE, Cina menggunakan lebih dari 40 regulasi sistem akuntansi yang berbeda. Salah satu dibuatnya ASBE adalah untuk menyeragamkan praktik akuntansi domestic.Setelah hadirnya ASBE departemen keuangan menggati lebih dari 40 ragam sistem akuntansi yang telah disebutkan sebelumnya 13 industri dan sistem kepemilikan yang berdasarkan sistem akuntansi. Semua sistem ini dipandang masih dalam masa transisi sampai suatu standar akuntansi yang spesifik bisa diumumkan secara resmi dimana akan diterapkan untuk semua perusahaan yang beroperasi di Cina. Revisi ASBE dikeluarkan pada tahun 2001.
            Komite Standar Akuntansi Cina( The China Accounting Standards Committee-CASC)  talah didirikan pada tahun 1998 sebagai lembaga berwenang di dalam departemen keuangan yang bertanggung jawab untuk mengembangkan standar akuntansi. Anggita CASC adalah para ahli yang ditarik dari akademi, lembaga akuntansi, pemerintah, asosiasi akuntansi profesiona, dan kelompok lainnya yang berhubungan dengan pengembangan akuntansi di Cina.
            Pada akhirnya,pada tahun 2006,sebuah susunan baru ASBE telah dikeluarkan dengan pendekatan Big Bang mengenai konvergensi. Komisi Pengaturan Sekuritas Cina mengatur dua bursa saham Cina: Shanghai yang dibuka pada tahun 1990 dan Shenzen yang dibuka pada tahun 1991. Sampai tahun 199, Cina memiliki dua organisasi akuntansi professional yaitu Chinese Institute of  Certified Public Accountans (CICPA) didirikan pada tahun 1998 dibawah yurisdiksi Departemen Keuangan yang mengatur audit sector perusahaan swasta. The Chinese Association of Cartified Public Auditors (CACPA). Pada tahun 1995 CICPA dan CACPA bergabung, dengan mengusung nama CICPA. CICPA mengatur persyaratan untuk menjadi CPA, memutuskan untuk menjadi CPA , mengembangkan standar penauditan, dan bertanggung jawab atas kode etik professional.

PELAPORAN KUANGAN
            Laporan tambahan dibutuhkan untuk pengungkapan penurunana nilai asset, perubahan pada struktur modal,apropriasi laba, bisnis dan segmen geografis. Laporan keuangan harus digabungkan, bersifat perbandingan, di Cina dan diungkapkan dengan mata uang Cina, Renminbi.Laporan keuangan tahunan harus diaudit oleh CPA Cina.Perusahaan yang terdaftar harus menilai pengendalian internaldan terlibat dengan auditordari luar guna mengevaluasi pengendalian dan pendapat atas laporan penilaian diri. Neraca triwula,laporan laba dan catatan dibutuhkan untuk semua perusahaan yang terdaftar.
PATOKAN AKUNTANSI
            Penggabungan usaha dicatat menggunakan metode pembelian.Goodwill adalah perbedaan antara biaya dan harga pasar asset dan kewajibanyang diakusisi.Metode ekuitas digunakan bagi investasi dalam rekanan. Metode ekuitas juga digunakan untuk menghitung usaha gabungan(Joint ventures). Semua cabang tergabung dan dibawah kendali induk perusahaan.Laporan keuangan untuk cabangperusahaan di luar negri dialihbahsakan berdasarkan lingkungan ekonomi utama dimana perusahaan ini beroperasi.Jika lingkungan local, neraca dialihbahasakan pada nilai tukar akhir tahun, laporan laba rugi dikonversikan pada nilai tukar rata-rata tahunan, dan konversi yang berbeda juga ditunjukkan pada ekuitas.
            Harga perolehan adalah basis untuk penilaian asset berwujud.FIFO dan rata-rata adalah metode pembiayaan yang bisa di terima dan persediaan ditulis dalam penurunan harga dan keuangan.Asset yang tidak berwujud dicatat sebagai biaya. Asset tidak berwujud dengan masa manfaat tidak terbatas tidak diamortisasi,tetapi pengujian atas penurunan nilai dilakukan paling tidak setiap tahun. Oleh karena itu sebagian besar wilayah dan properti industrial Cina dimiliki oleh negara.Lembaga penilaian asset atau lembaga CPA yang menentukan penilaian ini.
            Biaya riset dibebankan, tetapi biaya pengembangan dikapitalisasi jika kelayakan teknologi dan biaya pemulihan dibuat.Financial Lease dikapitalisasi.Pajak tangguhan diberikan secara penuh untuk semua perbedaan sementara.keuntungan pegawai dibebankan ketika didapatkan, bukan ketika dibayar.kewajiban bersyarat diberikan saat ada kemungkinan terjadi dan jumlahnya bisa benar-benar diperkirakan.






INDIA
            India berada di belahan benua Asia Selatan, dengan Pakistan disebelah barat, Cina, Nepal dan Bhutan di seelah utara, dan Bangladesh sebelah timur. Pegunungan Himalaya,pergunungan tertinggi di dunia,berada di sebelah utara India. Pesisir India adalah Laut Arab di sebelah barat, samudra Hindia di sebelah selatan dan Teluk Bengal di sebelah timur.India memiliki 15% dari populasi duni, Negara dengan populasi terbesar kedua setelah Cina.India juga merupakan salah satu negara dengan etnik yang berbeda di dunia.Ini adalah rumah bagi ratusan bahasa, dimana 18 di antaranya sudah resmi. Hindi adalah bahasa resmi dan paling banyak dipakai, tetapi bahsa Inggris lebih sering digunakan di kancah pemerintahan,bisnis,sains dan pendidikan.
            Masyarakat India telah memiliki peradaban lebih dari 5000 tahun.Urbanisasi besar-besaran didasari oleh perniagaan dan perdagangan pertanian mulai di lembah sungai Indus (dibarat laut) sekitar 3000SM. Pada saat itu kerajaan berkuasa di Asia Selatan. Pada abad ke 4 dan 5 Masehi,bagian utara India berhasil di satukan oleh Dinasti Gupta.
            Perekonomian Eropa mulai bersaing dengan Indiasetelah Portugis tiba pada tahun 1498.Benteng luar pertama orang ingris dibentuk di perusahaan India bagian selatan tahun 1619. Demontrasi masa terhadap aturan kolonial Inggris mulai pada tahun 1920-an di bawah kepemimpinan Mohandas Gandhi dan Jawaharlal Nehru. Pemberontakan sipil yang makin meningkat dan Perang Dunia II pada akhirnya menyebabkan India merugi dan sulit untuk mengatasinya dan pemerintah Inggris menjamin kemerdekaan pada tahun 1947.    
REGULASI DAN PELAKSANAAN AKUNTANSI
            Pengaruh bangsa Inggris meluas pada akuntansi, pelaporan keuangan ditunjukan pada saat presentasi wajar da nada profesi akuntansi independen yang mengatur standar akuntansi dan proses audit. Dua sumber utama standar akuntansi keuangan di India adalah lembaga hukum dan profesi akuntansi.Penetapan lembaga pertama diatur dalam undang-undang tahun 1857, dan hukum pertama berhubungan dengan pemeliharaan dan pemeriksaan catatan akuntansi yang telah dilaksanakan tahun 1866, bersamaan dengan kualifikasi resmi auditor pertama.
            Akta perusahaan 1956 diatur oleh agen pemerintah, Departemen Urusan Perusahaan.Akta ini mewajibkan neraca yang telah diaudit dan akun laba-rugi telah ditandatangani pleh jajaran direktur. Laporan direktur harus memuat status urusan perusahaan, ketetapan materinya,rekomendasi dividen dan informasi penting lainnya guna memahami sifat bisnis perusahaan dan anak perusahaan.
            Ada 22 saham di India, yang paling tua adalam Mumbai (Bombay) bursa saham,didirikan pada tahun 1875 dan sekarang terdaftar lebih dari 6000 saham. Ketentuan agen yang mengawasi fungsi pasar modal adalah Securities and Exchange Board of India (SEBI).

PELAPORAN KEUANGAN
            Laporan keuangan terdiri atas neraca dua tahun, laporan laba rugi, laporan arus kas, dan kebijakan akuntansi dan catatan.Perusahaan yang tidak terdaftar hanya perlu menyiapkan laporan intinya, sedangkan perusahaan terdaftar harus menyiapkan laporan gabungan dan laporan inti.Bukan laporan pemegang saham maupun laporan laba menyeluruh yang diminta.Laporan keuangan harus menyajikan pandangan yang adil dan benar, namun tidak ada penolakan kebenaran dan keadilan selama ada di kawasam Britania Raya.Seperti yang dicatat di atas akta perusahaan menghendaki bahwa laporan direktur menyertai laporan keuangan.
PENGUKURAN AKUNTANSI
            Anak perusahaan digabungkan ketika induk perusahaan memiliki saham lebih dari setengah kemampuan voting atau mengontrol pengaturan komposisi dewan direktur. Anak perusahaan mungkin dikesampingkan dari penggabungan jika kendali hanya sementara atau jika pembatasan jangka panjang untuk kemampuan anak perusahaan dalam mentransfer dana kepada induk perusahaan. Tidak ada standar  pembukuan untuk penggabungan usaha, tetapi kebanyakan dari mereka dihitung sebagai pembelian. Akan tetapi metode penyatuan bunga (pooling) digunakan bagi perusahaan merger.Goodwill berbeda di antara perhitungan yang ada dan hasil jumlah asset dan utang yang diperoleh.Praktik yang beragam antara goodwill yang tidak diamortisasi dengan yang diamortisasi sudah berlangsung lebih dari 10 tahun.Goodwill juga dikaji ulang untuk penurunan nilainya.Metode ekuitas digunakan pada akun afiliasi terhadap entitas yang memiliki pengaruh yang signifikan namun bukan kendali.
            Penyesuaian pertukaran mata uang dalam laporan keuangan untuk usaha asing tergantung pada apakah kesatuan(induk) laporan usaha itu integral atau non integral. Untuk usaha asing integral, asset moneter dan utang dialihbahasakan pada penutupan nilai tukar(akhir tahun), item non moneter di simpan pada harga perolehan yang disesuaikan dalam nilai tukar pada tanggal transaksi atau di bebankan pada nilai rata-rata selama periode tersebut. Aset dan utang usaha non integral asing disesuaikan pada penutupan nilai tukar,pendapatan dan beban disesuaikan dalam nilai tukar pada tanggal transaksi dan menghasilkan penukaran yang berbeda yng diakumulasikan dalam nilai tukar mata uang asig yang dicdangkan pada neraca.
            Asset tetap dinilai baik dalam harga perolehan atau harga wajar. Revaluasi harus diterapkan pada keseluruhan golongan asset tetap,tapi tidak ada persyaratan yang menyatakan bahwa revaluasi bisa dilakukan dalam interval beraturan. Depresiasi dialokasikan secara berkala terhadap penggunaan asset.Asset tidak berwujud biasanya diamortisasikan lebih dari 10 tahun.Biaya persediaan dihitung lebih rendah atau nilai bersih yang dapat dicapai.FIFO dan rata-rata adalah metode arus kas yang dapat di terima.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar